Panduan Lengkap Mengenai Kompressor Udara Industri/ Komersial

Kompressor udara industri merupakan perangkat yang menggunakan motor listrik atau mesin bensin atau diesel untuk mengubah daya menjadi energi potensial yang disimpan dalam udara bertekanan. Meskipun fungsinya mirip dengan pompa industri, kompressor mengkhususkan diri dalam pemampatan udara dan gas, sedangkan pompa mengkhususkan diri pada cairan seperti air dan minyak.

AS110

Kompressor udara industri dirancang untuk digunakan dalam sejumlah aplikasi, termasuk menyemprot tanaman dan mengventilasi silo di fasilitas pertanian, menjalankan mesin pneumatik dalam operasi manufaktur, dan mengoperasikan setrika laundry di tempat pembersih kering. Mereka juga berguna untuk operasi lain dalam industri makanan dan minuman serta minyak dan gas.

Jenis-Jenis Kompressor Udara Industri

Terdapat tiga jenis utama kompressor udara industri, yaitu kompressor reciprocating kelas komersial, kompressor udara rotary screw, dan kompressor udara scroll bebas minyak.

Kompressor Reciprocating Kelas Komersial

Kompressor reciprocating kelas komersial adalah jenis kompressor udara paling umum yang ditemukan di bisnis kecil hingga menengah. Mereka ditenagai oleh piston reciprocating yang mendorong udara ke dalam ruang pemampatan. Kekurangan yang paling mencolok dari kompresor udara ini adalah bahwa mereka berisik dan tidak sangat efisien.

Mereka mengandung banyak bagian yang bergerak yang terus-menerus bergesekan satu sama lain, menciptakan banyak kebisingan, gesekan, dan panas. Namun, biaya kepemilikan kompresor reciprocating jauh lebih rendah, itulah sebabnya bisnis kecil lebih suka menggunakannya.

Kompressor Udara Rotary Screw

Kompressor rotary screw jauh lebih kuat dibandingkan kompresor reciprocating dan juga lebih tenang. Untuk aplikasi yang membutuhkan konsentrasi udara bertekanan konstan, kompresor rotary screw adalah pilihan yang tepat. Kompresor hemat energi berkualitas tinggi ini ideal untuk tugas presisi seperti powdercoating dan sandblasting.

Kompressor Udara Scroll Bebas Minyak

Jenis kompresor udara ini hening, efisien, dan, seperti namanya, bebas minyak. Mereka merupakan pilihan sempurna untuk operasi di lingkungan laboratorium, pembuatan obat-obatan, atau proses lain yang membutuhkan udara bersih tanpa minyak. Kompresor udara efisien ini bagus karena hampir tidak memerlukan pemeliharaan berkat tidak adanya kebutuhan untuk minyak.

Pemeliharaan dan Inspeksi Kompressor Udara Industri

Pemeliharaan yang tepat dan inspeksi rutin pada sistem kompressor udara industri Anda dapat membantu mencegah waktu berhargamu dan perbaikan darurat yang mahal. Tugas pemeliharaan preventif ini dapat dilakukan oleh teknisi internal atau oleh perusahaan pemeliharaan dan perbaikan kompresor industri seperti C&B Equipment.

Manual operator kompressor udara industri Anda harus selalu menjadi referensi pertama Anda untuk rekomendasi layanan dan interval pemeliharaan. Berikut adalah tips umum pemeliharaan kompresor udara industri yang didasarkan pada interval tipikal yang kami lihat untuk layanan ini. Kemungkinan tidak semua akan berlaku untuk jenis kompresor udara Anda, dan interval layanan Anda mungkin lebih atau kurang sering.

  • Filter Udara: Filter udara harus diganti setiap 1.000 jam atau sesuai kebutuhan. Penting untuk memeriksanya secara mingguan, membersihkan dan menghilangkan debu atau serpihan.
  • Filter Minyak: Filter minyak harus diganti setiap 1.000 jam atau sesuai kebutuhan.
  • Pelumas: Tingkat pelumas harus diperiksa setiap hari. Pelumas harus diganti setiap 4.000 hingga 8.000 jam (tergantung pada jenisnya) atau sesuai kebutuhan.
  • Elemen Pemisah: Elemen pemisah harus diganti pada saat yang sama dengan pergantian pelumas.
  • Bantalan Motor: Bantalan motor harus dilumasi setiap 2.000 jam atau sesuai kebutuhan.
  • Sabuk: Sabuk harus diperiksa setiap minggu untuk keausan berlebih dan ketegangan. Anda dapat menyesuaikan ketegangan dan mengganti sabuk sesuai kebutuhan.
  • Ventilasi Masuk: Ventilasi masuk harus diperiksa mingguan dan dibersihkan sesuai kebutuhan.

Inspeksi reguler akan membantu mendeteksi masalah potensial dan menjaga kompresor udara industri Anda berjalan secara efektif dan efisien. Berikut adalah checklist inspeksi tipikal.

  • Pastikan unit bersih dan bebas dari debu dan serpihan berlebih.
  • Periksa suhu sistem.
  • Periksa tekanan sistem.
  • Periksa tegangan sistem.
  • Periksa arus sistem.
  • Periksa tingkat minyak sistem.
  • Periksa apakah sistem bergetar.
  • Periksa kondisi sabuk dan pastikan tidak ada ketegangan berlebih.
  • Periksa penguras kelembaban untuk operasi yang benar.
  • Periksa pendingin untuk akumulasi kotoran dan bersihkan jika diperlukan.
  • Pastikan semua pengaturan pengontrol berada pada posisi yang benar.
  • Periksa untuk beban, pembongkaran, dan modulasi yang benar.
  • Periksa kebocoran minyak atau udara.

Jika Anda menganggap diri Anda sebagai DIYer yang terampil, maka Anda pasti dapat melakukan inspeksi ini dan melakukan perbaikan jika diperlukan. Namun, jika Anda ingin memastikan bahwa semuanya dilakukan dengan benar, memberikan Anda kompresor udara industri yang efisien energi, maka bawa ke profesional untuk diperiksa. Di Kompresor.id, kami ahli dalam perbaikan dan pemeliharaan kompresor udara dan akan membantu Anda menjaga biaya operasional serendah mungkin.

Pentingnya Audit Udara Terkompresi

Selain pemeliharaan preventif, audit udara terkompresi yang dilakukan oleh profesional dapat membantu Anda menurunkan biaya energi, mengurangi waktu tidak aktif, mengurangi keausan peralatan, dan menjaga sistem Anda berjalan pada efisiensi puncak.

Saat melakukan audit, seorang teknisi mengetuk jalur udara utama dan mengukur kaki kubik per menit (CFM), tekanan, dan beban ampere selama beberapa hari. Pengukuran penggunaan udara terkompresi membantu menghemat pasokan udara pada titik penggunaan dan membantu mengidentifikasi kebocoran dalam sistem. Audit tahunan atau setiap enam bulan dapat membantu Anda terus memantau kebocoran mahal dan memberikan prioritas pada perbaikan.

Tujuan dari audit adalah mengidentifikasi kekurangan dalam kompresor udara industri Anda dan, jika mungkin, menggunakan peralatan yang ada untuk mengurangi biaya energi dan meningkatkan kualitas udara. Ini dapat mencakup pengaturan kontrol yang tepat, mengurangi kebocoran pada saluran otomatis, mengatur urutan multiple unit dengan benar, dan mengurangi permintaan udara buatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telepon
Katalog
Whatsapp
Scroll to Top